Minggu, 05 Juni 2016

tentang tari beskalan putri

Tari Beskalan Putri
merupakan salah satu Kesenian khas Kota Malang jawa Timur selain Kesenian Topeng Malangan, Seni Tari yang tidak begitu sering ditampilkan di depan publik ini merupakan Tarian Ritual atau Tari Upacara yang bisanya diadakan pada saat ritual yang berkaitan dengan ritus tanah atau kesuburan tanah (Hidrajat, 2012:1).
Tari Beskalan, jika ditinjau dari namanya “Beskalan” berasal dari kata “Bakalan” atau dimaknai sebagai seni yang dipertunjukan di jalanan seperti pengamen pada masa lalu. Tari ini mulai hidup seiring dengan pesatnya perkembangan Seni Drama Ludruk di Malang yakni pada kisaran tahun 1930-an, pada awalnya kesenian ini tidak ditarikan oleh seorang wanita melainkan kesenian ini ditarik
an oleh laki-laki yang menggunakan baju perempuan
Seni Tari Beskalan Putri ditarikan dengan gerakan yang lincah, dinamis dan feminim sebagai gambaran / pencitraan tarian seorang perempuan, dalam hal tata busana memadukan gaya busana penari Gambyong dengan penari Topeng Malangan. Hal ini ditandai dengan beberapa ciri-ciri, yaitu dari hiasan kepala, busana, bawahan, gerakan, dan musik pengiring. Hiasan kepalanya dengan cara menata rambut dengan menggunakan sanggul dan dihias dengan cudhuk menthul yang dihias menggunakan melati. sedangkan dalam pelaksanaannya tarian ini diiringi oleh Alunan gamelan Jawa berlaras Slendro.

1 komentar: